Tertahan Tiga Hari, Kapal Tujuan Kepulauan Akhirnya Berlayar

Advertisement

Tertahan Tiga Hari, Kapal Tujuan Kepulauan Akhirnya Berlayar

SAKERA MEDIA
Selasa, 29 Agustus 2017

News.eMadura.com - Setelah tiga hari tertahan di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Jawa Timur, ratusan warga akhirnya diberangkatkan menuju Pulau Kangean, Selasa (29/8/2017). (Baca: Ratusan Warga Kepulauan Sumenep Terlantar di Pelabuhan Kalianget)

Pasalnya, selama tiga hari terakhir kapal tujuan Pulau Kangean tidak bisa berangkat. Sebab, tinggi gelombang di perairan Sumenep dan perairan Kangean  cukup besar dan  membayakan para penumpang apabila dipaksakan berlayar.

“Tadi pagi pukul 10. 00 Wib, setelah mendapatkan Surat Ijin Berlayar, akhirnya Kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) diberangkatkan,”kata Direktur PT Sumekar Line, Rasul Junaidi.

DBS yang merupakan kapal milik PT Sumekar Line berlayar lebih awal ke Pulau Kangean. Seharusnya kapal DBS ini berlayar pada pukul 19.00 Wib malam, namun karena melihat membludaknya penumpang, akhirnya kapal tersebut terpaksa diberangkatkan lebih awal.

“Setelah mendapatkan SIB kami langsung berlayar lebih awal, hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya overload,” jelasnya.

Mantan wartawan tersebut melanjutkan, apabila tidak berlayar lebih awal, dihawatirkan jumlah penumpang semakin membludak. Sedangkan kapasitas kapal milik pemerintah daerah ini hanya mampu membawa penumpang sekitar 300 orang saja.

“Demi menjaga keselamatan dalam perjalanan, kami putuskan berlayar lebih awal dengan mengangkut 300 penumpang,” tukasnya.

Sebelumnya, mereka tertahan di Pelabuhan Kalianget. Untuk membantu para penumpang yang terlantar, Dinas Sosial setempat melakukan pendataan guna memberikan bantuan berupa nasi tiga kali per hari.

“Selama mereka masih belum bisa berlayar, kami akan siapkan nasi tiga kali setiap hari,”kata Kepala Dinas Sosial, Aminullah.

Sumber: limadetik.com