Wakil DPR RI, Fadli Zon : Sumenep Penghasil Keris Terbanyak di Dunia

Advertisement

Wakil DPR RI, Fadli Zon : Sumenep Penghasil Keris Terbanyak di Dunia

SAKERA MEDIA
Selasa, 29 November 2016


News.eMadura.com, SUMENEP - Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon merasa takjub terhadap jumlah keris di Sumenep, Madura, Jawa Timur. Sehingga  tanpa sungkan, dia menyebut Sumenep sebagai ibu kota keris Indonesia dan dunia.

Pernyataan Fadli Zon ini disampaikan saat memberi sambutan usai meresmikan Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI) bertempat di Desa Aeng Tong-Tong, Kecamatan Saronggi, Sumenep, Jum’at sore (25/11).

Wakil Ketua DPR RI ini juga menjelaskan alasan tempat pelantikan dan pengukuhan pengurus SNKI memilih Kabupaten Sumenep. “Sumenep merupakan daerah penghasil keris terbanyak di Indonesia dan dunia. Keris-keris Sumenep juga tersohor akan keampuhannya,” terang politisi P-Gerindra ini, yang disambut tepuk tangan undangan.

Sebelum meresmikan pengurus SNKI dan melihat proses pembuatan keris, Fadli Zon dan rombongan berzairah ke asta Sayyid Yusuf di Pulau Talango. Kemudian rombongan berkunjung ke Keraton Sumenep. Saat berkunjung ke musium keraton Sumenep, loyalis Prabowo ini, mengaku terkesima dengan banyaknya peninggalan artefak sejarah yang masih terpelihara di keraton Sumenep. Sebut saja keris dan al-Qur’an ukuran besar hasil karya Sultan Abdurrahman.

Terlihat Wabup Sumenep, Achmad Fauzi dan Sekda Hadi Soetarto ikut mendampingi Fadli Zon. Bupati Sumenep, KH A. Busyro Karim mewakil ke Wabup Fauzi karena bersamaan dengan acara di Surabaya. Di Rumdis Bupati Sumenep, Fadli Zon memakai baju keraton dan memamerkan keris hasil pemberian dari Bupati Sumenep.(matamaduranews.com)