Guru Honorer di Sampang Hanya Dibayar Rp 100 Ribu Perbulan?

Advertisement

Guru Honorer di Sampang Hanya Dibayar Rp 100 Ribu Perbulan?

SAKERA MEDIA
Selasa, 29 November 2016

News.eMadura.com - Nasib para guru Honorer di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, hanya cukup dibayar Rp 100 ribu hingga Rp 250 ribu setiap bulannya. Sebab pada tahun 2016 ini, tidak ada anggaran khusus yang diberikan oleh pemerintah daerah kabupaten Sampang untuk memberikan tunjangan kepada mereka.

“Ya seharusnya pemerintah daerah kabupaten Sampang memberikan tunjangan kepada kami (Guru Honorer, red). Sebab dengan gaji Rp 100 ribu hingga Rp 250 ribu tidak cukup sebulan, ya palingan habis untuk uang bensin saja,” kata salah seorang guru honorer di kabupaten Sampang, Senin (28/11/2016).

 “Mau tidak mau, saya sambil cari kerja lain untuk mencukupi keperluan rumah tangga anak. Saya berharap, kesejahteraan guru honorer juga perlu diperhatikan, bukan hanya para guru PNS saja,” harapanya.

Menanggapi ratapan para guru honorer tersebut, Kabid Tenaga Pendidikan, Dinas Pendidikan Sampang, Achmad Mawardi mengatakan, hingga saat ini masih belum ada rencana kenaikan terhadpa upah guru honorer. Padahal upah gaji guru honorer memang sangat minim sekali, bahkan ada pula yang tidak dibayar, hal itu tergantung pada kemampuan lembaga di sekolah itu sendiri.

“Masih belum ada pembahasan untuk rencana kenaikan upah para guru honorer mas. Padahal di daerah lain seperti Semarang, upah guru honorer sudah melebihi UMK,” katanya.

Namun demikian, pihaknya sangat bangga dengan para guru honorer di kabupaten Sampang, sebab meski bayarannya kecil, bahkan tidak dibayar oleh lembaga sekolah tempat dia mengajar. Para guru honorer tetap semangat untuk memajukan pendidikan di kota Bahari ini.



“Saya sangat bangga dan apresiasi dengan para guru honorer di Sampang, sebab mereka sangat bersemangat dalam mengajar siswa-siswinya. Secara materi, upah mereka memang sangat minim, akan tetapi mereka tetap meluangkan waktu untuk memberikan pelajaran pada siswa-siwinya,” ucapnya dengan penuh bangga kepada para guru honorer di Sampang.

Guru adalah seorang pahlawan yang sangat berjasa dalam hidup, jasanya tidak akan terlupakan selalu terkenang sampai akhir hayat. Kita semua bisa menjadi seorang yang suksess itu adalah karena bimbingan guru.

Guru yang selalu mengajarkan tanpa lelah dan letih menghadapi tinggkah laku anak muridnya dengan sabar tanpa mengeluh sedikitpun. Seharusnya kita bersyukur dan berterima kasih kepada guru-guru yang telah mendidik kita hingga menjadikan kita seseorang yang sukses seperti saat ini. Tetap semangat para guru honorer, suatu hari nanti pemerintah pasti memperhatikan nasib seorang guru. (newsmadura.com)